Ini arti dari Falalia

National Emperor Flag of Falalia
Banyak orang yang menanyakan keputusan Perdana menteri Falalia, Muhammad Iqbal Aga. Mengapa nama kerajaan pada akhirnya jatuh ke nama Falalia. Padahal saat itu, banyak nama yang diusulkan oleh Masyarakat Falalia salah satunya adalah Kingdom of Nusantara. Lantas, Apa itu arti Falalia ?. Apa sebab Perdana Menteri menamai negaranya dengan sebutan Falalia ?. Bagaimana kata Falalia itu terbentuk ?. Selengkapnya, silahkan pembaca menyimak artikel ini.

ETIMOLOGI BAHASA

Nama Falalia atau didalam bahasa Falalia sendiri disebut dengan Falalija terdiri atas dua komponen yaitu etnonim Falali serta akhiran abstrak ija yang berarti " pemilik", "tanah"( berasal dari akhiran bahasa Arab, Iyya yang serupa dengan akhiran dari bahasa Yunani "ia"). Kata Falali sendiri diambil dari bahasa Arab, Al-Falah yang berarti kemenangan. Kata ini dipilih oleh Perdana Menteri sekaligus Raja Falalia, Muhammad Iqbal Zhjah Pazhja karena ia mengharapkan bahwa negara yang ia bentuk merupakan tanah kemenangan. Dengan kata lain, Perdana Menteri mengharapkan bahwa bangsa Falalia merupakan bangsa yang penuh dengan kemenangan.

SEJARAH PENAMAAN FALALIA

Kata ''Falali'' sendiri sudah muncul semenjak Petempuran pertama 15 Juni yang mengawali tonggak sejarah kemerdekaan Falalia. Saat itu, King Muhammad I memimpin 10 pasukan menghadapi King Haikal I yang berjumlah 20 orang. Pertempuran itu berlangsung sengit dan korban yang berjatuhan mencapai total 13 orang dengan rincian 6 orang dari pihak King Muhammad I serta 7 orang dari pihak Haikal I. King Muhammad I diambang kekalahan karena pasukan yang tersisa hanyalah 4 orang berbanding 13 orang. Tiba - tiba Andi Aga meneriakan kata " Hayya 'ala falah !" yang berarti " Mari kita rebut kemenangan !". Seketika, pasukan King Muhammad I bangkit dan bisa memenangkan pertempuran.

Falali kemudian muncul lagi dalam Konferensi Akbar Persiapan Kemerdekaan saat penentuan nama Kerajaan. Ketika itu, ada banyak nama yang diusulkan oleh masyarakat namun akhirnya keluar 5 nama setelah melalui proses penyeleksian. Kata Falali diusulkan oleh anak dari Andi Aga, Alif Aga yang gugur didalam pertempuran pertama 15 Juni. Lalu, melalui proses perundingan dan perdebatan yang panjang, Perdana Menteri sekaligus Raja pertama Falalia, Muhammad Iqbal Zhjah Pazhja menetapkan bahwa nama negaranya kelak ialah FALALIA.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perisai Raja Rimba sebagai Lambang Negara